11

Danau Wisata Indah di Banten

Banyak yang belum tahu kalau provinsi Banten memiliki sederet danau wisata yang indah. Tak kalah indahnya dengan daftar danau-danau yang sudah terkenal di luar sana. Pemandangan alamnya sangat menawan, jarak tempuhnya tak menyulitkan atau menciutkan nyali. Bisa menjadi pilihan untuk mendekatkan anak dan keluarga mengenal Banten seisinya.

Danau-danau yang terletak di Banten bisa dikatakan bukan barang baru. Danau atau situ telah ada sejak zaman dulu. Ada yang terbentuk secara alami, maupun dibuat pada masa kolonial berkuasa. Namun, semuanya diiringi dengan pesona alam yang bukan main indahnya. Apalagi rata-rata terletak di lereng yang membawa udara yang segar. Akibatnya, pengunjung selain mendapat keindahan, juga mendapat kesejukan. Sangat cocok mengalihkan pandangan mata yang lelah dari gedung-gedung tinggi dan pelarian dari kesibukan sehari-hari.

Segera masukkan dalam daftar tempat berlibur berikutnya. Cukup dekat dan tak perlu buru-buru beli tiket.

Situ Gintung

Sempat heboh beberapa tahun silam karena bendungannya yang jebol, dan menimbulkan tsunami kecil. Kini Situ Gintung makin apik tertata dan perlahan-lahan di reboisasi lahannya. Letaknya di Jalan Kertamukti, Ciputat. Bisa dikatakan situ ini terletak di tengah-tengah kota. Sebab daerah sekelilingnya padat pemukiman dan hilir mudik kendaraan yang hampir tak ada hentinya.

Maka tak heran situ ini selalu ramai dikunjungi orang. Terutama keluarga atau grup-grup sekolah yang mengadakan perkemahan di sana. Situ Gintung juga sudah dilengkapi kolam renang dan area permainan yang seru. Lahannya sebagian telah disulap menjadi area outbond dan sering menampung acara-acara seperti family gathering.

Rawa Dano (Rawa Danau)

Rawa Dano berlokasi di Padarincang, Kabupaten Serang. Merupakan sisa-sisa letusan gunung berapi kuno yang sudah tidak aktif lagi. Sisa-sisa yang ditinggalkan lalu terisi air dan bergumul menjadi kumpulan air luas, atau danau. Uniknya dari danau menjelma lagi menjadi rawa-rawa. Maka disebutlah pula Rawa Danau.

Pada lahan seluas 2500 hektar, Anda akan disuguhi deretan pesona alam dengan pepohonan hijau yang membuat betah siapa saja berlama-lama di sana. Anda juga dapat sekaligus mengenalkan satwa liar pada anak. Sebab Rawa Dano masih diramaikan oleh reptil seperti ular dan buaya. Juga aneka burung, yang katanya ada 250 jenis, terbang bebas di sana.

Danau Tasikardi

Fungsi awalnya sebagai tempat peristirahatan keluarga Sultan. Namun kemudian berkembang untuk irigasi sawah, sekarang ramai dikunjungi sebagai pariwisata. Hanya enam kilometer dari Kota Serang, tepatnya di desa Margasana, kecamatan Kramatwat. Tempat ini dapat dicapai dengan kendaraan umum.

Danau ini dibuat pada masa Panembahan Maulana Yusuf, sultan kedua dari kesultanan Banten. Berasal dari kata tasik artinya danau, dan ardi artinya buatan. Konon, dasar danau Tasikardi terbuat dari ubin batu bata, yang dahulu merupakan tempat peristirahatan sultan dan keluarganya. Karena itu, selain alamnya yang segar, tempat ini juga memiliki banyak obyek sejarah.

Situ Cipondoh

Berada di Jalan KH. Hasyim Asyari, Tangerang. Cuacanya sangat sejuk dan mempunyai beberapa wahana permainan yang mengasyikkan. Tak ketinggalan area pemancingan dan flying fox untuk menambah keseruan liburan di sana.

Rawa Arum

Konon nama Arum identik dengan banyaknya tanaman teratai di atas danau ini. Baunya kerap wangi, tapi sering menimbulkan kesan mistis di malam hari. Namun, di sana Anda akan dimanja oleh kilau alamnya dengan deretan bukit yang mengelilingi. Segera arahkan kendaraan ke Cilegon untuk menikmati itu semua. (LAF)

 

Foto-foto: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments