22

Cerdik Menata Ruang Kerja Minimalis di Rumah

Ruang kerja di rumah haruslah menjadi penunjang produktivitas Anda. Tak perlu berskala besar, Anda bisa menyulap ruangan yang telah ada. Meski minimalis, yang penting membuat Anda nyaman selama menghasilkan suatu karya.

Ruang kerja di rumah memang penting. Bukan untuk Anda yang memang fokus bekerja di rumah, seperti freelancer, penulis, pelukis, dan lainnya. Ruang kerja di rumah juga sangat bermanfaat bagi yang ingin melanjutkan sisa pekerjaan di kantor yang belum terselesaikan. Setelah seharian jenuh, Anda pun menemukan ruang baru dengan suasana seru untuk lembur. Ide-ide kreatif yang sebelumnya enggan muncul, langsung berhamburan keluar. Tempat menyepi untuk mencari inspirasi dan terkadang mencari solusi.

Pertimbangkan hal-hal berikut ini, agar ruang kerja di rumah tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Pilih posisi

Tentukan posisi ruang kerja. Bila sekiranya mempunyai dana lebih dan tersedia sisa lahan kosong di samping rumah, mungkin Anda bisa membuat ruangan baru. Bila tidak, cukup gunakan ruang-ruang yang sudah ada. Misalnya, sudut ruangan yang rata-rata membentuk huruf L, di gudang yang tak lagi dimanfaatkan, atau mencaplok sebagian wilayah ruang tamu.

Tak jarang pula kamar tidur difungsikan ganda sebagai ruang kerja. Ibarat kata, bila lelah tinggal berbaring saja. Anda juga bisa memilih garasi mobil sebagai tempat beraktivitas. Tinggal menggeser kendaraan pada carport saja, masalah ruang kerja terselesaikan.

Menyatu atau terpisah

Bekerja di rumah memang menguntungkan. Yakni lebih banyak waktu bertemu dengan keluarga. Tetapi bagaimanapun Anda tetap membutuhkan ruang privasi. Karena itulah, pikirkan apakah Anda membutuhkan ruang yang tertutup atau ruang yang bisa digunakan untuk berbagi dengan semua anggota keluarga. Harus ditutup dengan sekat rapat-rapat atau terbuka lebar sehingga bisa menampung segala aktivitas. Misalnya bisa sekaligus tempat belajar atau bermain anak. Jadi bekerja dan mendampingi anak bisa dilakukan dalam satu waktu.

Dekorasi

Faktor nyaman tak bisa dilepaskan dari urusan dekorasi. Pasang wallpaper menarik untuk mengganti kesan dinding yang monoton. Pilih sepasang meja kursi yang enak diduduki dan menjaga kesehatan punggung, contohnya. Anda juga bisa menambahkan foto keluarga, memajang piagam penghargaan, atau buku-buku kesayangan.

Menampung kebutuhan

Ruang kerja yang sehat akan mampu mencukupi segala kebutuhan Anda. Dapat menampung barang-barang yang dibutuhkan dan tidak mengganggu luas ruang lainnya. Tidak pula mengganggu gerak penghuni rumah yang lain. Supaya muat dan barang-barang tidak bertebaran, siapkan meja dengan beberapa anak laci atau rak buku yang bisa dipasang di tembok. Atau pecahkan masalah kebutuhan sesuai kenyamanan Anda masing-masing.

Sirkulasi udara dan cahaya

Biarkan udara dan sinar matahari bergantian masuk dengan teratur. Ruang yang terang ditambah udara yang segar makin memberi nilai tambah. Suasana lebih rileks dan terbuka, menambah daya inspirasi dan kreasi. Selain itu, membantu menjaga kesehatan dari serangan kuman yang kerap bersarang di ruang temaram. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments