22

Cegah Sakit Setelah Lebaran

Sakit dan kecapekan sering dirasakan setelah Lebaran berlalu. Dari bersenang-senang berubah menjadi meringkuk diam di kamar. Bencana yang bisa diantisipasi apabila kita mengetahui penyebabnya.

Penyebab yang pastinya tidak jauh-jauh dari kebiasaan sendiri. Atau keteledoran yang menganggap enteng efek samping melanggar aturan. Misalnya saja terlalu banyak menyantap daging berlemak, makanan yang bolak balik dipanaskan, gorengan, kue-kue manis, dan sajian lezat lainnya. Sulit menolaknya karena selain enak di lidah, Anda juga hanya akan menemukan beberapa hidangan saat Lebaran.

Cerita tekanan darah yang meninggi, kepala berat karena kolesterol naik, gula darah yang melonjak, kerap berseliweran. Atau tubuh yang terasa capek usai menempuh perjalanan yang panjang, terjebak macet, serta kurang beristirahat juga sering terdengar.

Beruntung bila sakit dan capek hanya melanda sehari. Terkadang dua masalah tersebut tak mau pergi untuk waktu yang lama. Bahkan meninggalkan dampak yang serius. Seperti memicu alergi, penyakit akut, atau harus mendapat perawatan intensif di rumah sakit.

Daripada pasca Lebaran berubah jadi momen menyedihkan, hadirkan suasana yang berbeda. Kebahagiaan Lebaran harus hadir bagi fisik dan jiwa kita.

Jangan lupakan sayur dan buah

Selezat apapun hidangan yang sudah menanti di depan mata, usahakan sayur dan buah tetap yang utama. Jika perlu, beri prioritas terlebih dulu sebelum menu lain masuk ke dalam perut Anda. Karena vitamin dan mineralnya mampu memberikan proteksi bagi tubuh dibanding sajian-sajian khas yang lain. Dijamin kondisi kesehatan akan selalu berada dalam koridor aman.

Cukup air putih

Buat antrean panjang untuk minum-minuman yang manis. Apalagi yang hanya berwarna warni menarik di mata. Utamakan air putih sebagai sumber hidrasi di setiap kesempatan. Saat dahaga mulai dirasa, pilih air putih saja. Pastikan dalam sehari, dua liter atau setara delapan gelas mengalir melalui kerongkongan Anda.

Istirahat berkualitas

Berikan jeda untuk tubuh dan pikiran setelah mondar-mandir ke sana kemari. Usai menempuh perjalanan panjang hingga bertemu banyak sanak famili. Karena senang berjumpa dan keasyikan mengobrol, kita sering tidak menyadari tubuh telah memberi sinyal kecapekan. Ambil waktu untuk beristirahat sebentar saja. Baik saat Lebaran tiba maupun menempuh perjalanan kembali di arus balik.

Relaksasi

Anda pun bisa menjalani treatment. Relaksasi yang membawa dampak baik bagi tubuh, jiwa dan emosi. Misalnya pergi ke spa atau salon untuk mendapatkan pemijatan di bagian-bagian khusus. Mengusir capek pergi dan mendatangkan rasa santai. Tubuh lebih bisa diajak berkompromi dan siap menghadapi rutinitas sehari-hari.

Hitung finansial

Supaya lebih komplit, hitung kembali kondisi keuangan Anda. Langkah yang tak membutuhkan biaya namun positif untuk penyelenggaraan aktivitas rumah tangga. Apalagi Lebaran sering menyita anggaran yang berlebihan dari perencanaan awal. Dengan menghitung kembali, Anda akan tahu kondisi finansial yang sebenarnya. Jika masih aman akan membuat nyaman, tetapi saat berkurang akan lebih cepat menemukan solusi. Kesehatan pun tercapai lahir dan batin. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments