foto1402

Cara Cepat Usir Jet Lag

Meski merupakan hal yang normal, jet lag bisa berlarut-larut bila tak ditangani dengan benar. Hal ini tentu akan membuat perjalanan bisnis Anda terganggu.

Jet lag memang biasa menghinggapi orang-orang yang bepergian dengan pesawat terbang hingga berjam-jam. Perjalanan dengan pesawat di bawah 8 jam tanpa melintasi zona waktu biasanya tidak menjadi masalah. Namun, jika perjalanan dengan pesawat terbang memakan waktu puluhan jam dan melintasi beberapa zona waktu, kemungkinan terjadinya jet lag sangat besar.

Jet lag diartikan sebagai gangguan jam biologis atau jam tubuh yang membuat tubuh kesulitan memberikan respon terhadap lingkungan baru. Perbedaan zona waktu antarnegara ini memang membuat tubuh tidak selalu bisa menerimanya dengan mudah. Reaksi yang biasanya timbul berupa insomnia atau gangguan tidur, kelelahan, sakit kepala atau pusing-pusing, perut mual, diare atau justru susah buang air besar, otot-otot terasa tegang atau kaku, emosi tidak stabil, dan sulit berkonsentrasi. Tentu ini akan menjadi masalah besar bila Anda harus segera menghadiri rapat bisnis, seminar, atau konferensi penting.

Biasanya gejala jet lag ini akan hilang dalam waktu 1-2 hari. Namun, untuk kasus tertentu, pemulihan dari kondisi jet lag bisa memakan waktu hingga seminggu. Risiko jet lag bisa lebih besar pada orang dalam kondisi tertentu. Misalnya, orang berusia lanjut, mengalami dehidrasi, terlalu sering bepergian dengan pesawat terbang, atau melintasi zona waktu yang terlalu banyak. Kondisi jet lag bisa semakin parah jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein atau beralkohol serta tidak mengelola stres dengan baik.

Cegah dulu

Sebenarnya risiko jet lag bisa ditekan. Di antaranya dengan mencukupkan waktu tidur sebelum memulai perjalanan panjang dengan pesawat terbang. Waktu istirahat yang cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Meskipun dalam perjalanan Anda mengalami kesulitan tidur, waktu istirahat telah tercukupi sebelum memulai perjalanan.

Mengonsumsi makanan bergizi secukupnya sebelum tidur juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Jangan lupa, cukupkanlah asupan air minum sebelum memulai dan saat bepergian dengan pesawat terbang.

Begitu berada dalam pesawat terbang, usahakan Anda bisa beristirahat dengan nyaman. Jika perlu, bawalah bantal portabel dan penutup mata untuk membantu agar lebih mudah tertidur. Usahakanlah Anda memiliki posisi paling nyaman untuk tidur.

Kondisi dalam pesawat dengan pendingin udara dapat mengakibatkan dehidrasi. Karena itu, jangan segan untuk sering meminta air minum pada pramugari agar tubuh tetap terhidrasi. Kondisi yang terus terhidrasi juga dapat membantu mengusir stres. Sebaliknya, hindarilah minuman berkafein dan beralkohol karena bersifat diuretik.

Jika bisa, cari jadwal perjalanan dimana waktu kedatangan tidak terlalu mepet dengan jadwal penugasan. Dengan begitu, Anda akan memiliki cukup waktu untuk beristirahat atau berjalan-jalan sejenak, atau melakukan aktivitas lainnya agar gejala jet lag mereda. Jangan lupa, sesuaikan waktu pada jam tangan Anda dengan waktu di lokasi tujuan. Kenalilah waktu di lokasi tujuan agar Anda dapat menyiapkan tubuh untuk menghadapi perbedaan zona waktu. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments