21

Cara Ampuh Menahan Godaan Jajan Berlebihan Saat Liburan

Liburan bukan berarti melupakan waktu makan. Tetapi makan berlebihan saat liburan juga tak baik. Dampaknya terasa pada isi dompet dan lingkar pinggang. Jajan boleh saja, namun perlu mengendalikan diri agar tidak berlebihan.

Bukan berarti tak boleh. Jajan sudah menjadi bagian dari liburan. Terutama bila liburan di tempat baru yang memiliki makanan khas. Sayang bila makanan daerah tersebut tidak Anda cicipi, atau minimal unggah di media sosial.

Menjadi persoalan bila gelap mata menguasai untuk melahap apa saja yang ada di depan mata. Perut yang sebenarnya tak lapar terus dipaksa untuk menerima penganan. Tahan godaan dengan cara sederhana ini.

Bawa bekal dari rumah

Selain lebih sehat dan higienis, membawa bekal dari rumah jadi cara ampuh mengurangi ego ingin jajan. Rasa ingin makan sudah mampu ditanggulangi oleh bekal. Mubadzir atau sia-sia bila tak dihabiskan, apalagi tergantikan oleh jajan.

Tentu saja ini berlaku bila Anda berlibur di dalam kota, atau di tempat yang tak terlalu jauh dari kota Anda. Bekal dari rumah juga alternatif yang efisien dan ekonomis untuk berlibur jangka pendek. Karena tak butuh waktu yang lama, bekal dari rumah sudah cukup menutupi kebutuhan makan selama liburan.

Ingat anggaran

Ingat berapa rupiah yang Anda anggarkan khusus untuk makan. Jajan tetap boleh, namun jangan melewati limit yang telah dianggarkan. Bila sudah makan besar, sebaiknya tunda waktu membeli kudapan. Sebaliknya, bila kudapan sudah memenuhi perut, tak perlu memaksakan diri membeli makan seporsi penuh. Membuat anggaran bukan sekadar wacana, tapi juga membuat dana liburan tak jebol.

Pikirkan kesehatan

Pikirkan dampak lain bila makan atau jajan berlebihan. Bisa saja, mendadak perut berasa tak enak saat jalan-jalan belum usai dilakukan. Rugi ‘kan? Belum lagi bila Anda jadi merepotkan orang-orang yang menemani. Atau pasca liburan tubuh malah jadi sakit. Seperti asam urat dan darah tinggi kumat karena nafsu makan yang tak terkontrol. Berat badan bisa naik signifikan. Musuh utama buat Anda yang sedang diet. Jadi, pikir kembali saat jajan daripada harus menanggung segala risiko dan biaya untuk mengembalikan kesehatan seperti sediakala.

Berbagi saat makan

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah berbagi makanan. Ini bisa dilakukan apabila Anda bepergian dengan orang lain atau beramai-ramai. Utarakan saja bahwa Anda ingin menyantap beberapa menu yang tertera. Tak perlu malu agar orang lain bisa mengerti, sehingga masing-masing dapat memesan menu yang berbeda-beda. Jadi bisa saling cicip satu sama lain. Rasa penasaran sudah terpenuhi dengan saling berbagi, tak perlu semua Anda beli.

Selektif rasa

Mengapa harus memaksakan diri untuk jajan bila rasanya sama saja? Apalagi bisa membuat sendiri di rumah dengan rasa yang tak jauh beda. Bila rasa yang sama dapat Anda temukan di area tempat tinggal, maka pikirkan ulang untuk jajan, meskipun harga yang harus dibayar terbilang kecil. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments