30

Bisnis Manis di Bulan Suci

Bulan Ramadan akan segera datang. Banyak usaha musiman yang biasanya ikut meramaikan. Memang tak salah, sebab keuntungan yang dijanjikan kadang bisa berlipat, dibanding bulan-bulan lainnya. Apa saja bisnis manis yang bisa dijalankan?

Terkadang bukan hanya terkait saat kebutuhan Ramadan saja, tapi berlanjut untuk mempersiapkan Lebaran. Jadi bisa dimulai dari sekarang dan langsung menyasar dua momen besar.

Selain bayangan laba yang akan digenggam, Anda juga dapat sekaligus menolong orang lain memenuhi segala keperluan. Pilih saja ingin dalam bentuk online atau offline, agar urusan menjalani puasa tetap lancar tanpa hambatan.

Fashion

Baju baru edisi lebaran atau selama puasa selalu dibutuhkan. Mulai dari yang muda hingga orang tua ingin berpenampilan “baru” saat bertemu sanak saudara. Tak ketinggalan urusan mukena dengan aneka gaya, penutup kepala dengan aneka rupa, sampai sepatu atau sandal yang tak kalah laris manisnya. Tinggal buka lapak saja kan?

Kue lebaran

Kue lebaran menduduki komoditas utama menjelang lebaran. Selalu diburu untuk mengisi meja-meja di ruang tamu. Entah buatan sendiri atau hasil produsen kue lain, tawarkan jasa pada konsumen. Tinggal menyiapkan tester beberapa contoh kue, dan siap-siap saja mencatat pesanan yang bakal terus beruntun.

Katering

Katering juga bakal laris manis sepanjang dua momen besar ini. Jasa penyedia makanan amat dibutuhkan untuk menyokong suksesnya acara buka bersama. Saat Lebaran, kehadiran katering tak kalah pentingnya menyajikan menu-menu khas dalam silaturahmi keluarga atau open house. Seperti ketupat dan opor yang selalu ditunggu-tunggu tiap Lebaran datang.

Jasa bersih rumah

Anda bisa menggantikan peran asisten rumah tangga yang sedang mudik ke kampung halaman. Banyak sekali rumah tangga yang membutuhkan tenaga bersih-bersih agar hunian selalu nyaman. Apalagi waktu lebaran tentu banyak tamu dan keluarga yang datang. Rumah harus senantiasa bersih dan menawan. Bila memungkinkan, sekalian saja buka usaha jasa cuci baju, alias laundry atau binatu. Usaha satu paket yang tak pernah sepi peminatnya.

Rental mobil

Usaha rental mobil makin melonjak kala mendekati musim mudik dan arus balik. Bahkan terkadang habis dipesan di awal-awal waktu puasa baru mulai berjalan. Memang membutuhkan modal banyak, kerjasama dengan beberapa pihak, dan kontrak dengan penyewa. Namun tak tanggung-tanggung, keuntungan yang Anda dapat juga begitu besar.

Antar kirim barang

Profesi sebagai pengantar barang juga tak kalah manisnya. Sejak dimulainya puasa hingga Lebaran belum usai, urusan kirim mengirim barang tak akan pernah habisnya. Dari penuntasan pengiriman transaksi online hingga yang lebih ringan, pengiriman macam kue Lebaran ke area sebelah tetap mendatangkan untung. Menggiurkan kan?

Suvenir

Tren pemberian suvenir pada tamu yang berkunjung saat Lebaran bisa Anda ambil alih. Kreasikan tangan untuk menghias cinderamata yang diinginkan tuan rumah. Mulai dari membentuk uang angpau dalam gulungan unik, kudapan ringan dalam kemasan cantik untuk dibawa pulang, atau barang-barang lain yang pantas jadi kenangan di hari puasa dan lebaran. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments