1512

Bersih-bersih Alat Make-up yang Benar

Makeup dan alatnya tidak bisa dipisahkan. Pasangan yang senantiasa bahu membahu mempercantik Anda. Karena itu harus dijaga, baik kebersihan maupun lama penggunaan. Bukan berarti jika alat makeup telah lama dipakai harus diganti atau dibuang. Anda bisa membersihkannya sendiri di rumah.

Sering atau jarang dipakai, alat makeup mesti dibersihkan. Debu dan kotoran yang beterbangan bisa menempel. Begitu pula dengan jamur dan kuman, dapat bersarang di bagian spons atau bulu-bulu kuas. Apalagi jika alat-alat makeup sering dipakai secara bergantian. Penularan penyakit kulit sulit dicegah. Ancaman lainnya, jerawat tumbuh subur, gatal-gatal, terjadi iritasi dan penyakit kulit lainnya.

Cara membersihkan alat make-up mudah dan murah. Anda hanya perlu air dan bahan-bahan yang ada di rumah. Jadi Anda tak perlu sering-sering membeli alat makeup yang baru.

Spons

Spons sangat dibutuhkan untuk membuat taburan bedak dan olesan krim jadi rata di permukaan wajah. Terkadang juga diperlukan untuk mengusap lotion pada bagian tubuh yang lain. Penggunaan berulang kali membuat spons kusam atau berwarna keruh. Bila ketika dipegang spons terasa basah atau lembap dan ketika dicium timbul bau kurang sedap, itu berarti spons membutuhkan perawatan.

Anda bisa mengawali dengan merendam spons dengan  air hangat atau langsung membilasnya di bawah guyuran air kran. Siapkan wadah berisi campuran air dan sabun cuci. Bila ragu menggunakan sabun biasa, Anda bisa menggunakan sabun bayi. Rendam spons beberapa saat dan biarkan. Tunggu beberapa saat agar noda memudar dengan sendirinya.

Agar kotoran lebih cepat hilang, Anda bisa mengucek atau meremas-remas spons. Tapi lakukan dengan pelan dan hati-hati agar kualitas spons tetap seperti semula. Setelah itu bilas dengan air bersih hingga cairan sabun hilang secara keseluruhan.

Anda bisa mengeringkan spons dengan bantuan handuk atau lap sambil tetap diremas-remas agar air terserap sempurna. Letakkan di tempat terbuka untuk mengeringkannya dan mengembalikan keadaannya seperti sedia kala.

Kuas

Kuas adalah elemen penting yang tak boleh ketinggalan dalam urusan tata rias. Agar usapannya tetap sempurna, bersihkan kuas secara berkala. Terutama bila bulu-bulu kuas terlihat berwarna beraturan, basah atau lembap, kotor, dan tercium bau agak menyengat. Kutu kecil tak terlihat juga senang hinggap pada kuas yang kotor.

Bilas langsung dengan air dingin agar kotoran pada kuas ikut mengalir pergi. Hindari menggunakan air hangat (apalagi panas) karena bisa melepaskan bulu kuas dari bagian gagang. Ambil sedikit sabun atau sampo bayi dan campur dengan air. Anda dapat memasukkan kuas dalam bahan campuran tersebut. Bila ingin merendam, hati-hati agar sabun tidak mengenai bagian gagang kuas yang biasanya terbuat dari kayu. Jika terkena air, gagang bisa berjamur.

Pada bagian akhir, Anda tinggal membilas lagi dengan air dan keringkan dengan tisu atau kapas. Gunakan bahan yang lembut tapi mampu menyerap air dengan maksimal. Perlakukan bulu-bulu kuas dengan halus. Biarkan kering dengan meletakkan kuas dalam posisi mendatar. Untuk hasil yang optimal, semprotkan disinfektan untuk membunuh kuman yang masih menempel. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments