13

Berkunjung ke Kandang Godzila di Tebing Koja

Satu lagi lokasi menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Tangerang. Termasuk wisata yang baru dan luar biasa menarik. Penduduk setempat menyebutnya dengan Tebing Koja. Namun, media sosial ramai menyebutnya sebagai Kandang Godzila.

Sejarahnya

Pada awalnya merupakan daerah penambangan pasir yang dikelola oleh sebuah keluarga. Setelah enam tahun terus digali secara tradisional, menyisakan lubang besar. Tapi bukan itu saja. Lubang tersebut ternyata berisi tebing-tebing yang menarik. Bila diamati dengan seksama, mirip dengan godzila atau penampakan para dinosaurus.

Mirip punggung Godzila.

Oleh sebab itulah disebut dengan Kandang Godzila, yang berada di Tebing Koja.

Cara sampai ke sana

Tepatnya di Kampung Koja, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. Dengan menggunakan mobil pribadi, Anda harus menemukan jalan raya Cisoka terlebih dulu. Atau ikuti petunjuk peta lewat aplikasi di ponsel Anda.

Gerbang masuk Tebing Koja.

Bila menggunakan kereta komuter, turun di stasiun Tigaraksa. Ojek menjadi pilihan realistis untuk melanjutkan perjalanan hingga lokasi. Ongkosnya sekitar 25 ribu rupiah.

Pemandangan alam menuju Tebing Koja.

Semakin mendekati tujuan, jalannya makin menyempit, terjal, menanjak, dan berbatu. Bagi Anda yang membawa roda dua ke sana, harus waspada dan senantiasa berhati-hati.

Menawan dan instagramable

Pemandangannya sungguh menawan. Apalagi bila Anda datang saat matahari terbit atau terbenam. Cahaya yang minim dari matahari membantu Anda mendapatkan objek foto yang cantik sekali. Baik saat berdiri di atas tebing atau saat mendaki tebing berbentuk godzila.

Pemandangan dari atas sebuah tebing.

Ada pula genangan air yang menggenang seakan danau kecil. Makin mendukung suasana seperti zaman dinosaurus hidup dahulu. Kala airnya penuh, sebuah perahu akan siap menemani berkeliling. Ada pula titian kayu yang ditata menarik, sebagai dermaga perahu yang sangat sayang dilewatkan begitu saja.

Semuanya hanya perlu biaya tiga ribu rupiah saja sebagai tiket masuk. Murah kan?

Bisa bermain perahu di danau buatan.

Sayangnya masih banyak yang harus diperbaiki. Ada pungutan liar yang sengaja mencegat tiap pengunjung menuju area masuk. Meski terbilang murah, namun mengganggu karena tindakan pemaksaan dan tanpa karcis resmi. Penataan juga perlu dilakukan untuk urusan parkir dan lokasi pedagang makanan. (LAF)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Yudhanti

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments