foto2804

Beras Pun Bisa Bikin Cantik

 

Beras yang merupakan bahan pangan pokok sebagian besar masyarakat Asia, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mempercantik kulit. Ini berkat kandungan nutrisi beras yang cukup lengkap. Beberapa merek perawatan kulit ternama sudah memanfaatkan beras sebagai kandungan utama produknya. Sssttt …. Anda pun bisa membuat sendiri produk perawatan kulit dari beras, lho.

Sebenarnya sudah sejak lama beras dimanfaatkan sebagai produk kecantikan wajah dan tubuh. Nenek moyang kita bahkan memiliki kebiasaan unik, yaitu mencuci wajah dengan air bekas cucian beras untuk merawat kecantikan kulit. Heran? Ternyata, setelah melalui beberapa penelitian, beras memang banyak manfaatnya bagi kulit.

Nutrisi dalam beras

Banyaknya manfaat beras, ternyata karena beras kaya nutrisi. Selain sebagai sumber karbohidrat, beras mengandung vitamin A, B-kompleks, C, dan E. Selain itu, beras juga kaya mineral penting seperti fosfor. Di dalam beras juga terkandung enzim glutation. Tidak hanya itu, beras ternyata bersifat antiradang dan mengandung senyawa antioksidan. Lengkap sudah kandungan dalam bahan pangan ini.

Air cucian beras konon dapat membantu melembapkan dan meremajakan kulit. Inilah yang menjadi inspirasi pengembangan kosmetik SKII. Menurut sejumlah riset, ketika Anda mencuci beras, butiran beras bergesekan dengan tangan, kulit telapak tangan akan terpijat secara alami. Air cucian beras ini melembutkan sekaligus membantu mengencangkan kulit tangan.

Jika kulit tangan bisa halus berkat terkena air cucian beras, begitu juga dengan kulit wajah. Kosmetik Negeri Ginseng The Face Shop pun memiliki varian sabun pembersih muka khusus yang mengambil manfaat dari beras.

Air beras ini diyakini dapat membersihkan wajah tanpa mengganggu kelembapan dan elastisitas kulit. Pemakaian sabun pembersih wajah berbasis air beras juga dipercaya dapat membantu mencerahkan wajah. Tidak hanya itu, air beras yang kaya antioksidan ini juga dapat membantu melindungi kulit dari paparan buruk lingkungan sekaligus membantu meningkatkan vitalitas kulit.

Fungsi lain dari air beras ini adalah membantu mencegah dan mengatasi jerawat. Ini berkat kandungan antiinflamasi atau antiradang dalam beras. Masalah lain seperti kulit terbakar atau teriritasi pun bisa diterapi dengan air beras.

Tidak mengherankan bila kosmetik atau produk perawatan tubuh berbahan beras akan menjadi tren selanjutnya. Selain merek dari Korea Selatan dan Jepang, merek Indonesia pun ada yang mengambil manfaat beras. Misalnya, Sariayu yang pernah mengeluarkan rangkaian produk scrub tubuh berbahan beras.

Anda pun bisa membuat masker atau scrub beras sendiri. Caranya, rendam beras selama beberapa waktu, lalu jemur beras hingga kering. Butiran beras yang sudah kering ini bisa dihaluskan menjadi tepung beras. Gunakan tepung beras buatan sendiri ini sebagai masker wajah atau scrub tubuh dan rasakan manfaatnya.[KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments