14

Bantu Anak Memahami Perceraian

Perceraian tidak pernah menjadi kondisi ideal bagi anak. Sebuah keluarga yang seharusnya ada ayah ibu, hanya berisi salah satu. Kadang anak tidak mengerti mengapa situasi berubah seperti itu. Walau perceraian tak bisa dihindari dan apapun masalahnya, bantu anak untuk memahami apa yang terjadi. Semata untuk menyelamatkan masa tumbuh kembangnya tetap sehat.

Dampak negatif dari perceraian orang tua pada anak sangat tergantung pada umur dan hubungan antara keduanya. Di usia yang telah dewasa, mungkin anak sudah bisa mengatasi masalah pribadinya sendiri. Namun lain untuk balita dan usia sekolah. Tidak jarang hubungan yang tadinya terasa damai jadi penuh konflik dengan orang tua. Anak tak lagi betah di rumah karena kesepian. Akibat kebutuhan akan sosok kedua orang tua tidak terpenuhi.

Saat perceraian sudah tak terhindarkan, bagian tersulitnya adalah menjelaskan pada anak. Agar mau mengerti kondisi yang mesti ditempuh oleh kedua orang tua.

Pilih waktu dan tempat yang tepat

Supaya anak memahami dan mau mengerti, tidak mungkin menerangkan keadaan dengan obrolan sambil lalu dan lewat begitu saja. Mungkin Anda bisa memulai dengan menjelaskan perlahan. Tapi tetap dibutuhkan waktu dan tempat untuk obrolan yang serius.

Fokus membahas masalah yang mesti dihadapi, berpisah dengan salah satu anggota keluarga, tidak lagi serumah, dan lain sebagainya. Dapat dilakukan di sela-sela waktu santai atau kala akhir pekan. Pastikan saja anak tidak banyak beban pekerjaan, seperti tugas sekolah. Agar dia lebih mudah mencerna apa yang sedang didiskusikan dan makin tidak memberatkan pikiran.

Hadir keduanya

Usahakan untuk sama-sama hadir saat obrolan dimulai. Tunjukkan sikap yang tenang dan tetap penuh kehangatan. Barangkali anak tetap terkejut dan tak mau menerima begitu saja. Namun, setidaknya ayah atau ibu bisa saling membantu menenangkan dan melengkapi penjelasan. Bila saling menghindar dan membuka percakapan sendiri-sendiri, anak bisa salah menangkap informasi dan dapat cenderung menyalahkan salah satu pihak.

Kemukakan alasannya

Jujur dan tak perlu ada yang ditutupi. Kemukakan faktor penyebab perpisahan dengan terbuka. Bukan membohongi tapi orang tua dapat menjelaskan secukupnya. Sesuai dengan batas aman konsumsi anak-anak. Karena terkadang menjelaskan masalah dengan utuh akan menimbulkan trauma dan masalah yang berkepanjangan pada anak.

Gunakan ilustrasi

Karena tidak mudah menjelaskan persoalan, gunakan ilustrasi untuk membantu. Misalnya dua buah bangunan sebagai rumah ibu dan rumah ayah. Ibu dan ayah harus berada di rumah yang berbeda, tapi masing-masing pintu tetap terbuka untuk sang buah hati. Jadi lebih mudah kan?

Jelaskan konsekuensi

Jelaskan pula konsekuensi yang harus dialami oleh anak ke depan. Karena tidak lengkap setiap saat, anak harus menerima untuk bisa bertemu salah satu di waktu tertentu. Tetapi pastikan bahwa ia tak pernah sendiri. Orang tua akan selalu membantu dan mendampingi kapanpun dibutuhkan. Sebab, ikatan antara anak dan orang tua tidak akan pernah terputus selamanya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments