06

Bahan Alami Pengusir Gatal pada Bayi

Gatal bisa menyerang siapa saja, termasuk bayi yang baru lahir. Apalagi kulit bayi cenderung sensitif. Gunakan saja bahan alami untuk mengusir gatal. Lebih aman bagi kulit dan kesehatan bayi.

Tentu gatal ada sebabnya. Alergi makanan ibu pada bayi yang sedang menyusu, suhu panas yang memicu biang keringat, muncul ruam merah, sensitif pada detergen dan bahan pewangi, digigit serangga, hingga tidak cocok dengan jenis kain yang sedang dikenakan. Karena bayi belum cakap menyebutkan apa yang dirasakan dan hanya menunjukkan sikap rewel, maka tugas orang tua perlu mengetahui penyebabnya. Terlebih gatal sering menjadi-jadi di malam hari.

Atasi dengan bahan alami. Bahan yang mudah didapat dengan harga terjangkau. Sederhana, tapi membuat lega bayi dan orang tua.

Mandi air hangat

Mandikan bayi dengan air hangat. Sensasi hangatnya akan memberi kenyamanan dan perlahan mengurangi rasa gatal. Ukur suhu supaya tidak terlalu panas, karena dapat memancing reaksi kulit kering. Gatal bisa bertambah parah.

Anda bisa memberikan waktu lebih lama pada bayi untuk mandi. Layaknya orang dewasa yang senang berendam atau menikmati spa. Setelah dirasa cukup, lap hingga kering dengan handuk yang bersih.

Air susu dan madu

Susu dan madu bisa memberi pertolongan dari luar. Campurkan kedua bahan tersebut ke dalam wadah. Untuk takaran sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Bila tak ingin teksturnya terlalu encer, tambahkan air. Setelah itu, siapkan lap bersih atau handuk dan celupkan pada kain atau handuk. Usap pada bagian yang gatal beberapa kali. Ulangi hingga gatal berkurang.

Rebusan daun mint

Daun mint cukup membantu mengurangi gatal. Kandungan senyawa menthol mampu memberi sensasi dingin. Anda cukup merebusnya dan tunggu hingga suhunya menurun. Jika telah menghangat atau cukup dingin, dapat difungsikan sebagai kompres. Taruh pada bagian kulit yang gatal.

Rempah

Rempah yang bisa Anda coba disini adalah cengkeh dan basil. Metodenya sama dengan daun mint, yakni tinggal direbus. Anda tak perlu khawatir soal komposisi bahan masing-masing. Asal mencukupi, itu saja. Begitu hasil rebusan mendingin, serap airnya dengan kain atau handuk, dan tempelkan pada kulit yang gatal. Tidak hanya gatal yang hilang, bayi pun merasakan tenang dan tidur lebih pulas.

Lidah buaya

Bahan alami lainnya adalah lidah buaya. Oles-oles gel yang tak lain bagian daging lidah buaya langsung pada permukaan kulit yang sedang menderita. Biarkan beberapa saat, lalu lap dengan air hangat. Hasilnya gatal tak terasa lagi.

Aneka minyak

Selain minyak telon dan minyak kayu putih, masih banyak jenis minyak yang membantu mengusir gatal. Di antaranya minyak kelapa dan berbagai minyak esensial. Seperti minyak cengkeh, minyak daun mint, dan minyak lavender. Untuk mengurangi efek sampingnya, minyak esensial cukup diteteskan ke dalam bak mandinya. Biarkan bayi berendam beberapa saat, untuk mendapat hasil yang maksimal. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments