25

Aturan Tak Tertulis Menginap di Hostel

Keunggulan hostel yang murah dan sederhana fasilitasnya seharusnya tidak membuat pengunjung seenaknya. Secara umum, ada beberapa aturan tak tertulis atau yang tak disampaikan lewat mulut resepsionis. Meski begitu traveller tetap harus mengetahui jauh-jauh hari dan menerapkannya saat menginap nanti.

Mengapa demikian? Sebab hostel tidak menyediakan kamar yang privat dan pelayanan yang mewah. Satu kamar bisa diisi oleh beberapa orang, bahkan kadang harus berbeda gender. Bisa terisi dari berbagai asal atau negara. Kamar mandi pun harus berbagi. Dan kadang, tanpa ada bantuan pelayanan sama sekali. Hampir pasti semuanya dikerjakan sendiri.

Tak terbayang seperti apa. Namun jangan dianggap fenomena tersebut sebagai konsekuensi atas harga murah. Tinggal semalam atau lebih di hostel justru menjadi bumbu penyedap perjalanan Anda. Ada teman baru, cerita yang bisa didengar dari pengunjung lain, bertukar pengalaman perjalanan masing-masing, saling memberi tips dan solusi, dan sebagainya.

Nah, agar Anda gampang mendapat teman di hostel, patuhi adatnya berikut ini.

Layani diri sendiri

Sesuai dengan motto perjalanan orang-orang yang biasanya menginap di hostel, yakni solo traveller atau backpacker, maka layani diri sendiri. Anda tidak mungkin mengandalkan pelayan atau teman membereskan barang-barang, terutama setelah selesai makan atau laundry. Persiapkan kebutuhan dari rumah agar di hostel tidak perlu merepotkan yang lain. Tak perlu berkeluh kesah, karena memang begitu adanya.

Rayakan perbedaan

Dengan fasilitas yang begitu minim dan aneka perilaku yang menyertai masing-masing pengunjung, jangan sampai membuat mood jadi buruk. Hadapi saja dengan senyuman dan sadari bahwa menginap di hostel harus siap dengan segala konsekuensi. Mungkin tidur sambil mencium kaki yang bau atau terpaksa menutup telinga karena suara ngorok yang keras. Namun tetap saja, bila ada yang menyalahi aturan, Anda berhak menegur dan menyatakan tidak suka.

Bersih itu utama

Di mana-mana bersih ialah prinsip universal. Hak bagi setiap orang, tapi juga kewajiban untuk semua menjaganya. Berlaku untuk area kamar tidur, kamar mandi, tempat makan, atau tempat-tempat lainnya. Bersihkan tempat begitu selesai makan, buang hajat, bangun tidur, dan sebagainya. Siapkan sendiri kantong kecil untuk menampung sampah Anda agar tidak membuat gerah bagi yang lain.

Batas area pribadi dan umum

Hormati hak area orang lain. Seperti jangan mengacak-acak kasur bila Anda adalah pengunjung kamar yang pertama. Simpan barang sesuai jatah lemari atau loker. Izin bila ingin meminjam barang dan kembalikan segera setelah pemakaian. Dan masih banyak lagi.

Tidak berisik dan seenaknya

Berisik dan mengganggu adalah contoh perilaku yang dilarang keras. Misalnya membunyikan musik keras-keras, menyalakan lampu saat semuanya sudah tidur, membuang sampah seenaknya di area kamar, meninggalkan piring kotor begitu saja, tidak membersihkan kotoran sendiri di kamar mandi. Semua orang pasti ingin kenyamanan, untuk itu mulai dari diri sendiri demi ketentraman selama tinggal di sana. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments