foto2704

Atasi Sendiri Saluran Air yang Mampet

Saluran air yang mampet bikin repot. Bila perlu, Anda memang bisa memanggil tukang untuk memperbaikinya. Namun bila masalahnya sederhana, sebenarnya Anda bisa melancarkan sendiri saluran air yang mampet.

Aliran air yang mampet dapat terjadi di saluran air mana saja, baik saluran pembuangan dapur, wc, kamar mandi, maupun wastafel. Jenis penyumbatan ini ada dua, yaitu tersumbat sebagian dan tersumbat total. Keduanya bisa menyebabkan genangan air.

Bila dibiarkan akan menyebabkan masalah yang lebih besar. Bila masalahnya tak terlalu berat, Anda bisa melakukan cara-cara sederhana ini. Ada dua cara, alami atau menggunakan bahan kimia.

Pembersih saluran dengan bahan alami

  1. Soda kue

Siapkan: bubuk soda kue (±2 cangkir) + cuka (±1 cangkir) + air mendidih secukupnya

Langkah-langkah:

– tuangkan satu cangkir bubuk soda kue ke dalam saluran pembuangan yang macet hingga soda kue mencapai bagian yang tersumbat

– selanjutnya, tuangkan dua cangkir air mendidih dan diamkan selama beberapa menit

– tambahkan lagi satu cangkir bubuk soda kue ke dalam pipa lalu segeralah menuangkan satu cangkir cuka

– tutup lubang wastafel. Bahan-bahan campuran tadi akan bereaksi dan memunculkan buih-buih dan letupan seperti gemuruh

– ketika buih telah hilang, siramkan lagi dua cangkir air mendidih ke dalam saluran

  1. Garam

Siapkan: ½ kg garam krasak/murah dan air panas

Langkah-langkah:

– rebus air sekitar 5 liter hingga mendidih dan kemudian masukkan ½ kg garam. Aduk hingga tercampur merata dan diamkan sejenak

– tuangkan campuran air garam tersebut ke dalam saluran air yang mampet dan tunggu kira-kira 2-3 jam (lebih lama jauh lebih baik)

– siram hingga bersih

Pembersih saluran air berbahan kimia

Bahan kimia yang paling sering digunakan adalah soda api. Soda api ini bisa didapatkan di toko bangunan. Kebanyakan soda api berbentuk cair, bubuk, atau seperti bongkahan kristal kecil.

Siapkan: soda api secukupnya, sarung tangan, dan masker (untuk perlindungan diri Anda), air panas secukupnya, wadah kering (untuk mencairkan soda api)

Langkah-langkah:

– buka soda api dari kemasannya, masukkan ke dalam wadah kering

– setelah itu masukkan air panas secukupnya ke dalam wadah untuk melarutkan soda api. Agar soda api cepat larut dan merata, Anda bisa membantu dengan mengaduk larutan tersebut

– siramkan larutan soda api tadi ke dalam lubang pipa saluran air yang tersumbat. Biarkan sejenak. Biasanya akan terdengar bunyi gemuruh tanda larutan soda api mulai bereaksi.

– berikan jeda antara 5-6 jam agar sumbatan benar-benar hancur sebelum menggunakan saluran air seperti biasa.

Apabila cara-cara di atas belum bisa mengatasi sumbatan saluran air, maka kemungkinan terdapat pipa yang pecah/bengkok atau terjadinya sumbatan total. Nah, bila itu yang terjadi, sebaiknya Anda serahkan penanganannya kepada yang ahli, yaitu jasa tukang bongkar saluran air. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments