12

Alasan Perlu Asisten Rumah Tangga

Peran asisten rumah tangga pada beberapa orang begitu besar. Kontribusinya sangat nyata terasa mengatasi segala persoalan sehari-hari. Selain karena urusan domestik, masih banyak alasan mengapa kehadirannya ada di rumah kita.

Saat mendapati sebuah keluarga tidak mempunyai asisten, kemungkinan besar keluarga tersebut memang bisa mengatasi sendiri segala pekerjaan hariannya. Berbagi tugas diantara jumlah anggota keluarga yang telah berdaya.

Berbeda dengan keluarga lain, yang terkadang memiliki lebih dari satu asisten. Jenjang jabatan sampai harus dibuat layaknya pekerja kantoran. Dari kepala urusan rumah tangga sampai jenjang yang paling rendah. Sebagai efek beban kerja yang tak mungkin diselesaikan oleh seorang asisten saja.

Kembali lagi pada alasan kehadiran asisten. Memang jelas keberadaannya sebagai agen khusus pekerjaan rumah tangga. Namun motif lain juga kuat melatarbelakangi. Berikut di antaranya.

Membantu ibu baru

Bagi keluarga yang masih berumur muda, seorang asisten lebih dari sakadar mengambil alih pekerjaan sehari-hari. Terutama untuk para ibu yang baru melahirkan dan mempunyai bayi. Tugas asisten bisa tak kasat mata. Dengan segudang pengalamannya, berperan menerangkan aneka perawatan yang dibutuhkan bayi. Bergantian mengasuh saat ibu terasa capek. Membuat ibu lebih rileks dengan status barunya.

Sebagai teman

Asisten rumah tangga juga dapat berperan sebagai teman. Menemani karena harus tinggal seorang diri, atau karena suami harus bekerja di luar kota. Daripada tinggal sendiri dan dirundung rasa sepi, lebih baik hadir seorang teman yang bisa diajak berbagi. Walau sebenarnya pekerjaan yang ada, bisa diselesaikan sendiri.

Rumah tetap berpenghuni

Keberadaan asisten juga dibutuhkan agar rumah tetap berpenghuni. Fenomena yang banyak kita temui bagi rumah-rumah yang sering ditinggal pemiliknya. Seorang asisten diharapkan menjaga, merawat, dan tetap tinggal di rumah sampai pemilik kembali. Tak lain untuk mencegah rumah kosong, rusak, tetap berbau penghuni, dan aman. Rumah tetap terasa nyaman saat ingin dihuni lagi.

Waktu lebih luang

Imbas dari adanya asisten adalah waktu luang lebih banyak. Inilah yang diidam-idamkan banyak orang dengan memiliki asisten rumah tangga. Tenaga dapat dihemat dan pikiran lebih santai. Keinginan untuk menjalani aktivitas di luar rumah juga lebih mudah diwujudkan. Seperti bekerja atau berlibur sejenak saja. Anda jadi lebih fokus mencurahkan perhatian dan kasih sayang pada keluarga.

Setelah liburan panjang

Jasa asisten semakin dibutuhkan saat liburan panjang berakhir. Rumah yang berdebu, halaman yang lama tak terurus, dan setumpuk baju kotor tentu membutuhkan ahlinya. Sedang Anda tak cukup banyak waktu untuk menyelesaikan itu semua. Dengan sekali sentuhan asisten, persoalan yang ada langsung beres terselesaikan. Rumah pun kembali nyaman.

Menolong

Menolong adalah alasan lain yang jarang terpikirkan. Beberapa keluarga mengaku mengambil jasa asistem rumah tangga sebagai langkah riil menolong mereka. Meski sebenarnya tidak terlalu membutuhkan perannya. Demi membantu menemukan lapangan pekerjaan dan memberi upah yang pantas untuk kelangsungan pendidikan anak-anak mereka, misalnya. Dengan sedikit uluran tangan dari kita, asisten rumah tangga jadi terentaskan masalahnya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments