04

Ajak Anak Liburan ke Desa, Banyak Manfaatnya

Beruntunglah orang tua yang sering mengajak anak-anaknya wisata ke desa. Banyak manfaat positif yang bisa dirasakan langsung maupun dalam jangka panjang. Apalagi dilakukan berkala dan menetap beberapa hari di sana.

Banyak aktivitas yang bisa dijalani di desa. Sekadar jalan-jalan menikmati panorama alam dan menghirup segarnya udara. Berolahraga mengelilingi teduhnya suasana desa, berkebun dan memetik hasilnya, memancing di kolam atau empang, meramaikan sawah dengan segala hiruk pikuknya, mandi di sungai, dan lainnya. Anak-anak pun bisa berlari-lari di luasnya tanah lapang, sambil bermain layang-layang atau aneka permainan tradisional yang makin langka.

Di desa, satu aktivitas cenderung dilakukan bersama-sama. Jauh dari kata sepi. Menumbuhkan cerita berkesan dan pengalaman yang berharga nilainya.

Menyehatkan jiwa dan raga

Beda cerita dengan bermain online, wisata di desa mengajak siapapun pengunjunganya aktif bergerak. Sangat cocok untuk menampung energi anak-anak yang cenderung besar. Energi tersalurkan pada wadah yang positif. Stamina lebih terjaga dan badan pun terasa lebih segar. Stres tersingkirkan, hasilnya pikiran lebih fresh dan tenang. Mungkin anak bisa melepas segala beban belajar di sekolah, dan siap kembali ke rumah dengan perasaan lebih bahagia.

Memberi inspirasi

Nuansa yang lebih damai dan alami mampu merangsang imajinasi. Mencuri ide dari indahnya alam, budaya yang melekat erat di pedesaan, kotoran lumpur yang menodai baju, atau dari semilirnya angin yang lembut menyentuh kulit. Pikiran yang jemu perlahan pergi, terganti oleh pandangan-pandangan baru. Modal penting untuk bahan pengantar materi di sekolah atau bekal utama di masa-masa penting kehidupannya.

Menghangatkan relasi keluarga

Berwisata di desa, selain jauh dari kata sepi, juga jauh dari rasa individual. Betapa tidak, tiap aktivitas bisa dilakukan beramai-ramai. Tak ada batasan untuk saling bersinggungan dan bersorak ria bersama-sama. Hasilnya, makin akrab dan hangat di antara sesama anggota keluarga. Dijamin, canda tawa lebih mewarnai.

Menambah wawasan

Manfaat lainnya adalah menambah wawasan. Anak-anak bisa langsung merasakan pengalaman, yang mungkin kontras dengan kegiatan sehari-harinya di kota, tapi meninggalkan kesan yang mendalam. Anak juga dapat melihat langsung interaksi terjalin dalam komunitas desa, serta menyaksikan tradisi dan budaya yang masih dipegang kuat. Ada nilai-nilai lain yang memperkaya pengetahuannya, yang juga diharapkan akan menumbuhkan toleransi dan empatinya.

Tidak materialistis

Keuntungan lain dari wisata di desa adalah menjauhkan anak-anak dari sikap materialis dan hedonis. Sebab, tidak mengajak anak untuk berbelanja barang dan memilih kemewahan. Melainkan mengajak untuk bereksplor dan menikmati segala keunikan yang dimiliki desa.

Cinta lingkungan

Ya, anak-anak akan dibuat mencintai lingkungan. Belajar bagaimana menjaga kelestarian alam yang berkelanjutan. Serta bagaimana memanfaatkan  kekayaan alam dengan segala aktivitas yang tak merugikan. Mengambil langkah yang tepat untuk saat ini, maupun untuk generasi yang akan datang. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments