15

Agar Si Kecil Tak Tertular Sakit Saat Kumpul Keluarga

Berkumpul dengan keluarga besar sangat dinanti-nanti. Tapi harus diakui, kadang ada rasa khawatir si kecil bakal tertular penyakit. Antisipasi dan langkah pencegahan mesti dilakukan, agar Lebaran bersama orang-orang tersayang tetap semarak dirayakan.

Anak kecil memang rentan tertular penyakit. Sistem imun yang belum sempurna, menjadi kemudahan bagi penyakit mengintai kapan saja. Media penularannya pun beraneka. Udara, debu, air kotor, serangga, dan sebagainya. Termasuk menyebar lewat orang-orang yang sudah dihinggapi sebelumnya.

Kadang saat ramai-ramai berkumpul, kuman menempel lalu pelan-pelan berkembang. Gejala tak terasa, baru terlihat setelah sekian waktu pasca pertemuan usai. Anak yang berangkat dalam kondisi baik dan fit, beberapa saat kemudian mulai menunjukkan perubahan. Dari demam, batuk, pilek, diare, alergi kambuh, dan penyakit yang gampang menular lainnya.

Agar orang tua tak kecolongan dan harus repot menjaga anak saat sakit, lebih baik antisipasi dari awal. Tak perlu takut berkumpul dengan keluarga besar. Karena kapan lagi kita bisa berkumpul kalau bukan saat Lebaran.

Cuci tangan sebelum makan dan tidur

Ajak anak mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan tidur. Air dan sabun mampu menjadi media penolong untuk melunturkan bibit penyakit dari raga. Belum lagi peran sabun yang makin memproteksi. Bila rutin dilakukan, tak ada lagi kesempatan kuman hadir dan punya akses masuk ke dalam tubuh.

Namun, saat Anda kesulitan menemukan air, minimal gunakan tisu basah atau cairan pembersih tangan. Urusan makan si kecil pun senantiasa terjaga.

Jauhi asap rokok

Tak perlu malu mengungkapkan keengganan pada anggota keluarga yang merokok untuk menjauhi si kecil. Bila perlu, tegaskan supaya tidak menebarkan asap di dalam ruangan dan anggota keluarga yang lain. Sampaikan dengan bahasa yang santun dan sederhana. Sehingga tidak memicu rasa tak enak di antara kerabat.

Jaga asupannya tetap bergizi

Walau terhidang beraneka menu saat Lebaran, pastikan apa yang disantap oleh anak-anak tetap menyehatkan. Upayakan buah dan sayuran hijau tak terlewat di tiap porsinya. Saat anak lupa waktu makan karena keasyikan bermain dengan anggota keluarga yang lain, tetap ingatkan. Perut yang kosong dan berkurangnya nutrisi menjadi awal tubuh melemah, dan sebaliknya, penyakit pun mulai menunjukkan kekuatannya.

Cukup istirahat

Seramai dan sesibuk apapun agenda yang dibuat di hari Lebaran, berikan waktu istirahat yang cukup untuk anak-anak. Seimbang dengan waktunya bersosialisasi, bermain, dan aktivitas fisik yang lain. Pastikan pula tempat istirahat yang dipakai bersih walau harus tidur berimpitan dengan saudara-saudara yang lain. Terutama bagian ranjang, sprei, dan sarung bantal.

Boleh disentuh oleh tangan yang bersih

Karena anak kerap tampil menggemaskan, jadilah berbagai tangan berebut ingin menggendong dan memberikan pelukan. Sering pula ditambah dengan ciuman dan cubitan sayang. Tindakan yang tanpa disadari mengantarkan penyakit lebih dekat pada diri si kecil. Sarankan pada yang lain untuk menggaransi kebersihan diri sendiri sebelum mengadakan kontak fisik dengan si kecil. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments