16

Agar Piutang Tak Bikin Bertengkar

Soal pinjam meminjam uang bisa ribet urusannya ketika Anda sudah berkeluarga. Ini karena uang yang dipinjamkan bukan lagi miliki pribadi, melainkan ‘milik‘ keluarga. Sekalipun yang meminjam uang adalah saudara sendiri, ada rambu-rambu yang harus Anda perhatikan agar harmoni keluarga tetap terjaga.

Menghindari ketegangan dengan pasangan tak kalah pentingnya dengan urusan meminjamkan uang pada saudara. Dalam pernikahan, segala urusan perlu dibicarakan bersama, terlebih soal uang. Salah satu atau keduanya harus memulai dan mau terbuka satu sama lain.

Saudara meminjam uang memang peristiwa yang biasa. Jadi luar biasa bila sampai menimbulkan cekcok dalam rumah tangga. Sikapi dengan tenang dan ambil keputusan bersama-sama.

Waktu pas

Mungkin saat saudara berkeinginan meminjam uang, suami atau istri sedang tak di rumah. Tunggulah waktu yang tepat untuk menyampaikan maksud saudara Anda. Perhitungkan situasi dan kondisi yang dirasa akan menimbulkan respon positif dari pasangan. Seperti saat santai malam hari.

Sampaikan apa adanya

Hindari bermain kucing-kucingan, misal memberikan pinjaman uang tanpa sepengetahuan pasangan. Disamping Anda sendiri tidak dapat mempertanggungjawabkan keuangan secara terang-terangan, suami atau istri juga tak lagi sepenuhnya percaya. Jadi rugi sendiri kan? Maka, lebih baik sampaikan apa adanya tanpa perlu ada yang ditutupi. Masing-masing berhak tahu untuk apa kegunaan uang yang akan dipinjamkan, terlebih lagi berapa jumlah uang yang dibutuhkan.

Dengan bersikap terbuka, pasangan akan lebih menghargai. Meski belum tentu pinjaman saudara akan dipenuhi. Namun, setidaknya Anda sudah berusaha memprioritaskan kepentingan suami atau istri.

Pendapat pihak ketiga

Boleh jadi Anda dan pasangan tidak segera menemukan keputusan karena bingung. Menolak permintaan hanya akan merusak hubungan keluarga. Namun mengiyakan juga jadi memberatkan seisi rumah sebab masih ada kebutuhan yang mesti dipenuhi. Karena itu, minta saja saran atau nasihat pada pihak ketiga yang dianggap netral. Bisa anggota keluarga besar yang dianggap senior dan berpengalaman atau teman yang selama ini terkenal bijak. Meminta saran dari pihak lain juga akan mengurangi kesan memaksakan pendapat pada diri Anda.

Opsi selain bantuan uang

Pada saudara, jalan keluar tak melulu berurusan dengan uang. Tawarkan solusi lain meski Anda dan pasangan mampu membantu secara finansial. Mungkin tidak memenuhi permintaan saudara yang sedang kesusahan, tapi tetap bisa membantu dan lagi-lagi menjaga perasaan antara Anda dan pasangan.

Patuhi kesepakatan

Patuhi kesepakatan yang telah dibuat bersama. Sampaikan dengan jujur, jelas dan terang pada saudara apapun hasilnya. Misalnya jumlah uang yang bisa dipinjamkan dan batas waktu pengembalian. Satu sisi untuk menghargai pasangan, di sisi lain juga membuat saudara lebih respek pada andil pasangan yang ikut menentukan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments