27

Agar Kuliah Tidak Terasa Monoton

Selingan di tengah masa kesibukan kuliah sangat dibutuhkan. Apalagi kuliah terkadang menuntut mahasiswa belajar terus menerus sehingga terasa monoton. Hasilnya tidak sehat bagi mahasiswa dan kampus itu sendiri. Melakukan jeda dengan selingan yang sehat akan membawa banyak manfaat.

Selingan ikut mewarnai kegiatan sehari-hari sehingga tidak hanya berkutat seputar urusan kuliah. Selingan juga menambah pengalaman, wawasan, dan pertemanan, yang akan menjadi modal besar dalam membina jaringan pasca tamat dari kampus. Selingan dapat bersifat hiburan, gunanya untuk memberikan rileks pada badan dan pikiran. Selingan juga dapat berbentuk kegiatan yang lebih serius namun tetap memberikan manfaat pada mata kuliah yang diselami.

Tidak harus menghabiskan banyak uang, apalagi sampai menyita waktu sehingga melewatkan waktu kuliah yang lebih utama. Selingan bisa dilakukan dengan sederhana dan sesekali saja.

Kegiatan kampus

Daripada berdiam diri setelah kelas selesai, sibukkan diri dengan bergabung di komunitas kampus. Banyak pilihan yang tersedia untuk menampung dan mengembangkan bakat di sana. Teman bertambah, bisa curi-curi ilmu dari para senior, dan gaul pula. Mulai dari aktivis BEM, fotografi, jurnalistik, paduan suara, pecinta alam, panitia seminar, dan masih banyak lagi. Info tentang dunia kerja pun bertebaran, jadi tak perlu lama-lama menganggur nantinya.

Jangan ragu bila diajak dosen riset atau jadi asisten. Bisa keliling ke berbagai daerah, ilmu makin dalam, dan bekal untuk menghadapi dunia kerja ke depan. Seru kan?

Kursus

Kursus memang membutuhkan biaya dan terkesan tetap berada di dalam kelas seperti saat kuliah berlangsung. Namun mengambil kursus bisa jadi pilihan karena materinya kerap disampaikan dengan santai. Hasil kursus pun sangat bermanfaat, baik untuk menyelesaikan masa kuliah maupun sebagai tabungan menghadapi masa depan.

Part time atau buka usaha

Part time dan buka usaha merupakan selingan yang bisa mencetak uang. Cocok untuk Anda yang ingin mulai berwirausaha dan mengurangi ketergantungan minta uang pada orang tua. Tapi ingat, jangan sampai jadwal kuliah terlewat karena sudah merasa mapan dengan part time atau buka usaha.

Hangout

Melepaskan segala beban pikiran dan sesekali nongkrong dengan teman perlu dilakukan. Isi dengan obrolan tanpa arah dan duduk santai. Bila ada uang lebih, tak perlu ragu membeli makanan dan minuman yang kadang bisa mengembalikan mood. Lakukan dengan intens agar beban yang ada bisa ditumpahkan pula secara berkala.

Jelajah alam dan wisata

Buat jadwal untuk berlibur. Alihkan mata pada eloknya gunung yang hijau atau birunya pantai dengan gulungan ombaknya. Kunjungi lokasi wisata yang terkenal keeksotisannya, atau sekadar jalan kaki tiap pagi sambil berolahraga.

Sosial

Selingan dengan berbuat sosial tak hanya berguna bagi diri sendiri, tapi juga orang lain. Contohnya menjadi relawan sekolah gratis bagi anak jalanan, donor darah enam bulan sekali, relawan bantuan kemanusiaan saat terjadi bencana alam, dan lainnya. Jangan takut akan menyita waktu jika jadwal harian bisa dikelola. Pun bisa berkontribusi nyata bagi kemaslahatan bersama. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments