1509

Agar Keriput Tak Cepat Bertambah

Munculnya keriput ketika usia memasuki kepala empat adalah hal yang wajar. Namun tentu Anda tak mau keriput berlomba menghiasi wajah Anda. Sebenarnya, ada cara alami yang bisa Anda terapkan sehari-hari agar munculnya keriput dapat diperlambat.

Memang, ada beberapa teknik yang bisa menghilangkan (sementara) keriput. Misalnya, botox atau laser resurfacing. Tetapi teknik ini tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi perawatan ini juga tak cukup hanya dilakukan sekali.

Jangan khawatir, sebenarnya ada cara-cara sederhana untuk mencegah keriput bertambah atau muncul lebih cepat. Yang dibutuhkan hanya komitmen untuk menerapkannya.

Perawatan dari dalam

Merawat tubuh dari dalam banyak caranya. Tidak hanya sebatas perawatan fisik, kondisi mental atau psikis pun perlu dijaga. Semua ini perlu dilakukan secara berkesinambungan agar tubuh tetap prima. Berikut adalah cara-caranya:

  • Banyak mengonsumsi sayur mayur dan buah-buahan yang kaya vitamin dan mineral, terutama vitamin C dan E. Konsumsi pula sayuran dan buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi, sepertibrokoli, wortel, terung, tomat, jeruk, dan pepaya.
  • Mengonsumsi cukup air putih untuk menjaga kekenyalan alami kulit.
  • Beristirahat cukup dan mengurangi begadang.
  • Berolahraga secara rutin. Usahakan berolahraga setidaknya 3 kali seminggu, selama 15-30 menit, dan jalankan dengan rutin. Olahraga rutin akan membantu memperlancar metabolisme dan daya tahan tubuh serta mendorong regenerasi sel.
  • Berpikir positif dan optimis.
  • Menjauhi stres dan memosisikan suasana hati dalam kondisi bahagia meskipun ada masalah. Walaupun tidak mudah, cara ini akan membuat semangat dan gairah hidup lebih terpancar sehingga Anda tampak selalu

Perawatan dari luar

Merawat tubuh dengan bahan kimia buatan atau operasi belakangan ini memang kian marak. Namun, bukan berarti perawatan sehari-hari tidak bermanfaat. Ada beragam cara untuk menjaga tubuh tetap prima dan keriput terhambat kemunculannya. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan pelembapsetiap hari, terutama bagi pemilik kulit kering.
  • Gunakan krim malam yang menghidrasi kulit saat beristirahat.
  • Mengaplikasikan tabir surya dan mengoleskannya kembali tiap 2-3 jam sekali saat beraktivitas di luar ruangan.
  • Mengoleskan pelembapuntuk tubuh. Bisa juga pemakaian pelembap¬†diperbanyak untuk bagian-bagian tubuh yang rentan kering seperti siku dan lutut.
  • Membersihkan wajah tidak hanya dengan pembersih dan penyegar atau krim pembersih wajah, tetapi juga dengan air yang memberikan kesegaran alami untuk kulit.
  • Mengoleskan minyak zaitun atau minyak kelapa murni untuk pemilik wajah dengan kulit sangat kering. Perawatan lainnya bisa dengan menggunakan madu.

Lakukanlah perawatan dari dalam dan luar tubuh ini secara rutin setiap hari. Sehingga meskipun sudah telanjur ada satu, dua keriput, Anda tetap terlihat segar dan kencang. Penuh semangat dan energi. Atau istilah kerennya, aging gracefully. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments