18

Agar Binatang Liar Enggan Bertamu ke Rumah

Hewan liar yang masuk ke rumah bisa membahayakan. Kalau hanya tikus dan serangga, mungkin bisa ditangani langsung. Tetapi bagaimana bila yang bertandang adalah ular? Perlu cara-cara khusus agar binatang-binatang seperti ular enggan datang.

Meski belum dipastikan kebenarannya, sebuah survei yang dilakukan pakar entomologi, yakni ilmu tentang serangga, menyebut setidaknya ada 100 spesies serangga dimana mewakili 62 famili serangga, yang tinggal di sebuah rumah. Di kota-kota besar, pertanyaan tentang hewan liar banyak diajukan kepada pengembang perumahan sebelum transaksi jual beli disepakati. Banyak konsumen yang ragu dengan kompleks hunian yang dekat dengan rawa atau hutan.

Hal tersebut menandakan bahwa kejadian hewan masuk rumah sangatlah sering. Hewan liar tersebut bisa membahayakan dan perlu diantisipasi.

Bersihkan halaman

Mulai dari bagian depan, yaitu halaman. Bersihkan halaman dari tumpukan daun kering, ranting-ranting, atau sampah yang telah lama menggunung. Singkirkan tumpukan batu atau barang-barang bekas yang tidak digunakan, terutama yang letaknya di pojok. Hewan seperti ular dan serangga berbisa senang sekali bersarang di tempat-tempat tersebut. Pangkas pula dahan pohon yang mulai mendekati atap atau talang air, agar tidak dimanfaatkan hewan sebagai tempat pendakian.

Tutup lubang

Tutup semua lubang atau celah yang bisa Anda temukan. Seperti jarak antara pintu dan lantai atau ventilasi udara yang terlalu menganga. Untuk saluran air yang sering jadi tempat singgah ular, tutup dengan rangkaian kawat agar aliran air tetap lancar terbuang. Kawat kasa bisa Anda gunakan untuk menutup ventilasi udara supaya serangga atau nyamuk tak seenaknya keluar masuk.

Buang sampah dan sisa makanan

Salah satu faktor penarik hewan berkunjung adalah aroma yang tercium dari dalam rumah. Entah sisa makanan yang belum dibersihkan, bekas masakan yang belum dibereskan, hingga sampah yang belum dibuang. Semakin lama dibiarkan, baunya juga makin membekas di hidung hewan. Upayakan untuk membuat rumah bersih dari kotoran dan sampah yang justru dianggap teman oleh binatang.

Wangi-wangian

Gunakan pewangi sebagai cara halus untuk mengusir ular dan hewan yang lain. Mulai dari cairan pel dengan berbagai aroma hingga pewangi ruangan. Bau wangi yang kuat kerap dibenci aneka serangga dan dianggap ular sebagai predator, sehingga rumah pun dijauhi. Anda pun bisa mengambil manfaat dari aroma alami tanaman. Contohnya sereh, bawang-bawangan, jeruk nipis, lemon, dan kantong semar. Tanam saja di pot dan tata rapi di bagian sudut taman, dekat pintu atau jendela, dan di teras depan.

Udara dan cahaya yang cukup

Rumah yang lembap dan suram cenderung lebih disenangi hewan. Maka, berikan kesempatan untuk udara dan cahaya bergantian masuk secara sehat dan alami. Tidak hanya terang dan lebih melegakan pernapasan, bau tak enak juga tersingkirkan. Hewan yang sudah terlanjur di dalam jadi tak betah, binatang di luar rumah juga tak tertarik datang. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments